SAFETY SIGN


Safety Sign atau Rambu K3 atau biasa disebut Rambu Keselamatan adalah sebuah media visual berupa gambar untuk ditempatkan di area kerja yang memuat pesan-pesan agar setiap karyawan selalu memperhatikan aspek-aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Adapun jenis rambu dapat berupa : Rambu dengan Simbol.

Kelompok rambu-rambu dibagi dalam tiga bagian yakni :
1. PERINTAH Berupa : Larangan, Kewajiban
2. WASPADA Berupa : Bahaya, Peringatan, Perhatian
3. INFORMASI

 Adapun jenis rambu dapat berupa :
1. Rambu dengan Simbol
2. Rambu Dengan Simbol Dan Tulisan
3. Rambu Berupa pesan dalam bentuk Tilisan

Rambu Tulisan seharusnya digunakan apabila tidak adanya simbol yang tersedia.

Warna Rambu K3
Warna dapat membantu pekerja menentukan klasifikasi bahaya di area kerja. Warna rambu K3 juga akan membantu mengarahkan pekerja terkait tindakan yang harus mereka lakukan sesuai warna rambu
yang mereka lihat. Berikut ragam warna yang terdapat dalam rambu K3 berdasarkan standar internasional:


1. Warna MERAH mengidentifikasi DANGER/ BAHAYA, FIRE/ KEBAKARAN, dan STOP. Paling sering digunakan untuk identifikasi bahan kimia cair mudah terbakar, emergency stop, dan alat pemadam kebakaran. Sedangkan warna merah yang mengindikasikan bahaya digunakan untuk menunjukkan adanya situasi bahaya yang dapat menyebabkan kematian atau cedera serius.




 2. Warna KUNING menunjukkan CAUTION/ WASPADA. Digunakan untuk menunjukkan situasi bahaya (seperti tersandung, terpeleset, terjatuh, atau di area penyimpanan bahan yang mudah terbakar) yang bisa menyebabkan luka ringan atau sedang.



 
 3. Warna HIJAU menunjukkan EMERGENCY/ SAFETY. Digunakan untuk menunjukkan lokasi penyimpanan peralatan keselamatan, Material Safety Data Sheet (MSDS), dan peralatan P3K. Serta, instruksi-instruksi umum yang berhubungan dengan praktik kerja yang aman.

4. Warna BIRU menunjukkan NOTICE/ PERHATIAN. Digunakan untuk menunjukkan instruksi tindakan/ informasi keselamatan (bukan bahaya), seperti penggunaan APD atau kebijakan perusahaan.





5. Warna ORANYE menunjukkan WARNING/ PERINGATAN/ AWAS. Digunakan untuk menunjukkan situasi bahaya yang bisa menyebabkan kematian atau cedera serius. Biasanya sering dipasang di dekat peralatan kerja berbahaya, seperti benda tajam, pisau berputar, mesin gerinda, dll.

Kreasi Digita yang bergerak di bidang Cutting Sticker ini,  yang dipercaya oleh berbagai perusahaan dan ataupun instansi pemerintah untuk memproduksi sticker yang dibutuhkan, termasuk pembuatan Safety Sign atau Rambu K3 atau biasa disebut Rambu Keselamatan.

Kenapa harus Kreasi Digita?  selain pengerjaan rapih dan cepat juga harga lebih murah dibandingkan kompetitor lainnya.  Order dapat dikirim ke seluruh penjuru Indonesia.


Komentar